Selamat Datang di Website Resmi SMP Muhammadiyah 37 Parung - Selamat Hari Guru Nasional 2023 - Jadikan Setiap Rumah adalah Sekolah dan Setiap Orang adalah Guru "Kihajar Dewantara" -

Kamis, 1 September 2016 Ada Dua Jenis Gerhana Matahari

 gerhana
Gerhana matahari merupakan salah satu dari fenomena alam terkait peredaran benda-benda langit.
Gerhana matahari terjadi bilamana piringan matahari tertutup oleh bulan, jika dilihat dari bumi. Dengan kata lain, saat itu bulan berada persis di antara matahari dan bumi. Akibatnya, beberapa kawasan tertentu di muka bumi tidak terkena sinar matahari. Saat seperti itulah disebut gerhana matahari.

Piringan matahari yang tertutup oleh bulan kadang tertutup keseluruhannya, keadaan muka bumi menjadi gelap, jika langit cerah, bintang-bintang juga akan terlihat, suhu udara juga berubah dingin. Keadaan ini disebut gerhana matahari total (al-kusῡf al-kullī).
Tetapi ada kalanya piringan matahari yang tertutupi oleh bulan itu hanya sebagian. Ini dinamakan gerhana matahari sebagian (al-kusῡf al-juz’ī).

Kadang hanya bagian tengah saja piringan matahari yang ditutupi oleh piringan bulan sehingga bagian pinggirnya atau tepi piringannya tidak tertutup. Hal itu terjadi bilamana bumi berada dalam keadaan jauh dari bulan sehingga piringan bulan nampak lebih kecil dan tidak dapat menutupi seluruh piringan matahari jika dilihat dari muka bumi.


Back To Top