Selamat Datang di Website Resmi SMP Muhammadiyah 37 Parung - Selamat Hari Guru Nasional 2023 - Jadikan Setiap Rumah adalah Sekolah dan Setiap Orang adalah Guru "Kihajar Dewantara" -

Buya Ahsin : Muhammadiyah Harus Bergerak



Kader Muhammadiyah harus bisa menjiwai gerakan dengan lima ruh yaitu ruhul harakah, ruhul jihad, ruhul ilmi, ruhul tajdid, dan ruhul ikhlas. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab. Bogor Ahsin Abdul Wahab, MA., saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Cabang Ciseeng, di Pelita Desa, Sabtu (11/11/2023).

Buya Ahsin, sapaan akrabnya, menjabarkan bahwa dalam melaksanakan gerakan dakwah Muhammadiyah, para kader harus memiliki ruhul harakah yang berarti bergerak. Ruh ini perlu ada karena karakter dari organisasi Muhammadiyah adalah pergerakan maka kader-kadernya harus bergerak tidak boleh diam.

Kedua, ruhul jihad berarti semangat perjuangan atau bekerja keras. Ketiga, ruhul ilmi berarti kader terus belajar karena dalam melakukan amalan harus disertai ilmu. Keempat, ruhul tajdid, maksudnya bahwa salah satu ciri gerakan Muhammadiyah adalah pembaruan sehingga selalu melakukan pembaharuan di tengah masyarakat.

Kelima, ruhul ikhlas. “Maksudnya adalah modal dasar dalam bermuhammadiyah adalah ikhlas dalam melaksanakan gerakan dakwah,” ungkap Buya Ahsin. Lebih lanjut, Buya Ahsin menyampaikan ucapan selamat pada jajaran PCM dan PCA Ciseeng dalam menjalankan rapat kerja. Ia berharap, hasil rapat kerja dapat menjadi pedoman dalam pergerakan Muhammadiyah di Ciseeng serta dapat berkolaborasi degan Muhammadiyah Kemang.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ciseeng Deni Saprudin, S.Pd.I., menyampaikan bahwa saat ini nama PCM Ciseeng mulai dikenal oleh masyarakat sekitar. “Meskipun ini cabang rintisan, tapi sudah berkibar dan dikenal di Ciseeng, sehingga diperlukan penguatan sumber daya manusia,” ungkapnya.

Deni berharap rapat kerja dapat menghasilkan program yang dibutuhkan untuk PCM dan PCA. Rapat kerja dihadiri pula oleh Ketua PCA Ciseeng Marlinah, S.Pd.I., dan diikuti oleh seluruh pengurus PCM dan PCA Ciseeng.  Para peserta merumuskan dan mengesahkan program kerja untuk satu periode terhitung hingga 2027 mendatang.


Back To Top